Jumat, 09 Maret 2012

Pengertian Karang Taruna

Pentingnya Peran Organisasi Karang Taruna terhadap Remaja
Asalamualaikum wr.wb, selamat malam semua.
Terimakasi kepada teman-teman yang telah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara kartar saat ini,sudah sangat lama kita tidak berkumpul seperti ini sehingga sangat berpengaruh terhadap program-program yang telah kita buat untuk kampung kita .


tujuan dikumpulkanya temen” itu dikarenakan satu permasalahan yang cukup kompleks di kampung kita
 sehingga harus segera di bahas dan di atasi.
adapun permasalahan di kampung kita sebenarnya sangat banyak namun di sini saya hanya menunjukan satu yaitu: vakumnya kartar di RT 06.!!
Temen- temen pada tau gak knp karang taruna harus ada dalam suatu masyarakat?
Di zaman yang sudah seperti saat ini, banyak fenomena anak muda yang tawuran, kemudian pacaran sampai melebihi batas hingga menyebabkan hal yang tidak diinginkan, orang tua yang seharusnya mengawasi anak2nya untuk tetap berada di jalur yang seharusnya malah sibuk dengan pekerjaannya sendiri sehingga membiarkan mereka bermain sendiri entah kemana pun tetap dibiarkan. Kemudian banyak sekali yang ditawarkan oleh masyarakat, mulai dari sebuah kegiatan baik sampai kegiatan yang dapat mengakibatkan sebuah kerusakan moral bahkan membuat tubuh sendiri menjadi lebih rusak yaitu mengkonsumsi sebuah narkoba.
Kemudian jika ada beberapa remaja yang berada di sebuah kampung dan kampung tersebut mengadakan kegiatan dinilai positif seperti karang taruna biasanya yang mengikuti karang taruna adalah orang yang sudah dewasa bahkan bukan anak remaja lagi tetapi orang yang dulunya pernah remaja dan mengulanginya lagi dimasa sekarang dikarenakan remajanya sudah tidak perduli lagi dengan kegiatan positif yang dapat membawa mereka agar dapat mengelola dan menerapkan kemampuannya dalam kegiatan kampung.
Ya kita semua tau, Realitas remaja pada umumnya adalah seorang anak yang baru tumbuh menuju proses pendewasaan dimana semua organ vital berfungsi dengan baik dan mengenal lawan jenis lebih bisa merasakan sebuah perasaan yang sebenarnya. Kemudian secara fikiran sudah mulai bisa membedakan apa yang seharusnya dilakukan sekarang bagaimana. Proses perpindahan masa dari anak-anak menuju remaja ini sangat rawan jika kita salah dalam menyikapi bahkan ketika kita salah dalam mengambil langkah yang seharusnya.
Sebenarnya pada materi ini tidak hendak menjustifikasi pada remaja sekarang yang cenderung lebih rusak daripada remaja di zaman dahulu kala, tetapi tingkat perubahan sekarang ini lebih drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bisa dilihat di sekitar kita saja sudah seperti apa tingkah laku mereka dalam berperilaku, seakan bebas tak ada aturan yang jelas dan apa yang seharusnya mereka kerjakan. Tidak sedikit kejadian buruk menimpa mereka yang tak dapat memanfaatkan masa remaja sekarang dengan baik.
Lalu bagaimana cara memanfaatkan masa remaja agar tidak terjerumus dalam hal yang buruk seperti itu??
Nah dari sini kita mulai melihat apa saja yang seharusnya dilakukan para remaja saat ini demi memanfaatkan waktu luang mereka di luar jam sekolah yang begitu mendesak mereka..
Penyelesaian :
Pertama, dapat mengikuti kegiatan sekolah seperti pramuka. Namun pramuka sendiri juga lebih sedikit peminatnya dan jarang sekolah SMA yang masih mengadakan kegiatan pramuka tersebut
Kedua, bisa mengikuti kegiatan ekskul sekolah, nah disini juga dapat meningkatkan kegiatan siswa agar lebih bermakna. Namun realitas yang terjadi adalah banyak siswa ketika sudah waktunya pulang sekolah dituntun orang tuannya agar cepat pulang dan tepat waktu untuk sampai di rumah, itu semua dikarenakan orang tua mengkhawatirkan anak”nya.
Ketiga, mengisi waktu luang dengan hal” positif seperti hangout bareng temen” dengan tujuan yang jelas, atau juga melepas kepenatan dengan refreshing. Namun akan banyak menghabiskan biaya, misalnya makan, transportasi dsb..
Keempat, tawaran organisasi dalam masyarakat atau karang taruna, Pilihan yang lebih terlihat oleh orang tua, menghemat biaya dan pasti di izinkan oleh orang tua karena sangat dekat dengan pengawasan. Secara biaya sudah dianggarkan oleh kampung untuk melaksanakan kegiatan tersebut meskipun setiap seminggu sekali, kemudian dari kegiatan tersebut juga timbul sebuah kreatifitas akan karya. Misalnya : mading, menciptakan barang dari sisa sampah yang tak terpakai, membuat sebuah karya tulis untuk diajukankepada media cetak.. dsb..
Banyak yang dapat dilakukan disana. Juga yang paling tidak kalah penting adalah ketika kegiatan ini berlangsung maka orang tua pun juga akan tahu dengan sendirinya karena kegiatan tersebut diadakan di kampung tempat tinggalnya sendiri, biaya juga di berikan oleh kampung demi tercapainya kreatifitas mereka yang menjalankan. Tidak kalahnya lagi adalah mengharumkan nama kampung tersebut karena kampung itu telah mencipkan sebuah karya yang tidak dimiliki oleh kampung lain.
Memang di kampung kita beberapa bulan ini kegiatan karang tarunanya sempat vakum dan tidak berjalan dikarenakan kesibukan masing-masing terutama saya sebagai ketua karang taruna di kampung ini, tetapi apakah dengan alasan kesibukan saya ini dapat menguatkan alasan untuk tidak menggerakkan kembali aktifitas kampung dalam hal karang taruna.
Peran seorang pemimpin disini sangat dibutuhkan, terutama sebagai penggerak anggota yang lainnya agar mau melaksanakan program yang telah dicanangkan. Saya juga menyadari bahwa saya sendiri juga sangat jarang bahkan tidak pernah kerumah lagi. Maka demi tercapainya tujuan dari organisasi karang taruna ini maka dibutuhkan pemimpin untuk menggerakkan para anggotanya. Kondisi saya sekarang tidak dapat lagi untuk tinggal di kampung ini dikarenakan sebuah pekerjaan yang menuntut saya untuk menginap bahkan pulang satu bulan sekali itu pun tidak dapat berlama-lama di rumah.
Sehingga membutuhkan pengganti pemimpin dari organisasi karang taruna kali ini, bagaiman dari teman-teman sekalian ada yang berminat untuk menjadi seorang pemimpin di dalam organisasi karang taruna di kampung kita sekarang. Sebenarnya ketika kita menjadi seorang pemimpin ada sebuah nilai kebanggaan yaitu dapat mengatur orang lain guna mencapai sebuah tujuan dari organisasi karang taruna kita, kemudian juga mendapatkan kemampuan kepemimpinan diri terhadap orang lain, dan salah satu dari manfaat nya adalah membangun kepercayaan diri terhadap sesuatu hal yang dilakukan untuk tercapainya program yang dicanangkan sebelumnnya.
Besar harapan dari saya agar teman-teman di sini mau untuk menggantikan saya di posisi sebagai pemimpin, karena di awal tadi saya sudah menjelaskan bahwa fungsi dari kegiatan karang taruna ini adalah menjauhkan teman-teman dari kegiatan negatif yang ada di luar atau lingkungan kita. Kemudian agar menumbuhkan bakat kita terhadap suatu hal yang bersifat sosial kemasyarakatan karena kita ke depan juga akan bermasyarakat dan membangun sebuah negara dan paling kecil adalah keluarga kita.
Maka bagaimana ada yang berminat untuk menduduki posisi saya??
(lemparkan sebuah diskusi agar mereka mau untuk menjawab dan tunjuk satu persatu dan tanyai tentang apa yang mereka inginkan dari kegiatan karang taruna ini..kira” apa saja yang menjadi impian mereka agar mau bergerak dalam organisasi ini) kemudian jika ada yang sudah mau tapi dia bingung ingin berbuat apa pada karang taruna kampung. Kamu bisa membuatkan sebuah susunan targetan yang harus dicapai dalam 1 bulan misalnya. Kamu yang membuatkan program-program tetapi dia yang menjalankan juga boleh. Intinya kamu harus ada yang menggantikan dulu supaya tidak vakum lagi di karang taruna kampung kamu.
Secara prinsip dari materi di atas adalah hendak memberikan gambaran kegiatan lain selain karang taruna tetapi juga menggambarkan akan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan yang lebih menonjolkan kelebihan dari karang taruna dibandingkan kegiatan di luaran yang lebih mengarah pada hal yang lebih buruk misalnya narkoba, seks bebas dan selainnya yang buruk-buruk.
Ini berupaya agar mereka menyadari dan membangkitkan akan kegiatan kampung mereka dan kehidupan remaja di kampung tersebut lebih hidup lagi dalam menjalani setiap program yang dibuatnya.
Sekian materi dari saya.. kurang lebihnya mohon maaf.. wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar