Monday 5 March 2012

planing program

PROKER
1.     Pembangunan sekertariat karang taruna
            sekertariat adalah tempat berlangsungnya suatu keorganisasian. Dalam hal ini karang taruna RT.06 membutuhkan sekertariat sebagai tempat berlangsungnya segala jenis kegiatan seperti rapat karang taruna, diskusi,sharing,tempat bersosialisasi antar anggota.dan yang tidak kalah penting adalah demi menjalankan visi karang taruna yaitu mewujudkan suatu kerjasama yang baik antar anggota karang taruna untuk menjadikan karang taruna lebih hidup dan dapat terus berkembang, maka dengan adanya sekertariat ini sangat memungkinkan setiap anggota berkumpul untuk membangun kerjasama yang baik dan membina tali silahturahmi agar setiap anggota memiliki rasa solidaritas dan kekeluargaan yang sangat tinggi.

dan kami rasa sekertariat adalah tempat yang paling nyaman dan efektif.
selama ini karang taruna masih menggunakan balai RT.06 sebagai tempat pertemuan yang dimana kita rasa tempat ini cocok di gunakan sebagai sekertariat karang taruna.
namun dari pengalaman rapat yg sudah berlangsung dibalai RT, balai RT bias dibilang kurang efektif dan kurang nyaman dikarenakan banyak bangunan yang rusak seperti alas lantai yang tidak rata, pelafon yang rusak, kayu yang sudah rapuh dan tempatnya yang cukup panas.
oleh karena itu karang taruna memasukan pembangunan sekertariat di dalam program kerja jangkah panjang.
di samping itu kami juga membutuhkan berbagai fasilitas penunjang pada sekertariat agar bias melaksanakan kegiatan dengan lancar beberapa fsilitas yang harus ada pada sekertariat adalah (whiteboard dan perlengkapannya).

2.     Olahraga dan senam
            sebenarnya program ini sudah ada pada poker periode sebelumnya. Dalam periode kali ini , kami karang taruna RT. 06 akan melanjutkan proker tersebut demi kesejahteraan dan kesehatan warga  RT. 06  program ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaraan dan kesehatan bagi warga dan anggota karang taruna RT.06 .
namun disamping itu program ini bias melatih kekompakan dari anggota karang taruna sendiri.

3.     Olah jiwa atau sepiritual
           
Di era globalisasi ini menuntut banyak remaja yang harus mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern, dan tanpa mereka sadari, mereka semakin jauh meninggalkan agamanya.
mungkin di antara kita banyak yang sudah tidak asing lagi dengan fenomena seperti anak muda yang tawuran, kemudian pacaran sampai melebihi batas hingga menyebabkan hal yang tidak diinginkan, mengkonsumsi sebuah narkoba bhakan banyak diantara para remaja yang tabuh akan kebaikan seperti mengaji,bersosiallisasi dengan masyarakat,kemasjid untuk beribadah dll.
oleh karena adanya sebuah permasalahan remaja yang seperti itu, kami sebagai karang taruna tidak menginginkan adanya hal yang sama di kampung kami.
tujuan dari program ini membantu remaja untuk lebih mendekatkan diri kepada ILLAHI dan mengabdi untuk masyarakat.
adapun jenis kegiatan: seperti pembekalan materi keagamaan, mengadakan pengajian karang taruan.
dan semua pembekalan ini akan dikemas menarik dan tidak membosankan.

4.     Kas karang taruan
           
Uang kas dalam hal ini sebagai iuran rutin tiap anggota yang dipergunakan untuk keperluan program internal karang taruna RT. 06 sehingga tidak terlalu bergantung dengan subsidi dari RT. Insyallah dengan adanya program uang kas ini maka mendukung pula berlangsungnya program yang selainnya  karena factor utama yang harus ada setiap kali menjalankan sebuah program adalah dana.

5.     Edukasi
            program ini diadakan karena anggota karang taruna RT. 06 yang berlatar belakangkan dari tingkat pendidikan yang berbeda dan anggota yang mendominasi adalah pelajar SMP,SMA yang mempunyai semangat keorganisasian.
program ini akan dibedakan dalam beberapa hal yaitu:

Ø  Belajar bersama
dengan mengadakan kegiatan belajar bersama , teman - teman yang masih  sekolah di tingkat yang lebih rendah bias belajar kepada teman - teman  yang tingkattanya lebih tinggi.

Ø  Sharing
dengan adanya program edukasi => sharing ini bias membuat temen-temen lebih terbuka dengan permasalahan yang sedang di hadapinya karena deprogram inilah temen-temen bias saling berbagi semua masalah,pengalaman dan wawasanya. Tentu saja tidak sekedar berbagi namun kita bias menghadapinya dan menyelesaikannya bersama sehingga lebih meringankan beban teman – teman.

Ø  Diskusi
hemm….. ini adalah program yang harus membutuhkan sebuah kefokusan.
program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman remaja karang taruna RT. 06, dan tidak sekedar wawasan saja namun juga bias meningkatkan pengalaman tiap anggota dalam meningkatkan kemampuan menjadi seorang instruktur atau (orang yang mengendalikan jalanya sebuah forum).
di sini kita akan selalu membuatkan sebuah materi yang harus di pahami seorang anggota kartar, yang nantinya dia akan menjadi instruktur untuk menjelaskan materi yang telah dia pelajari kepada seluruh remaja karang taruan.
selain meningkatkan wawasan,pengalaman beinstruktur program ini juga meningkatkan kesolidtan remaja karang taruna.

6.     Budaya dan kesenian
           
tidak sedikit dari remaja sekarang yang asing dengan tarian budaya atau tarian tradisional sebagai contoh saya sendiri, bahkan saya tidak mengerti kalau tari ngremo,tari dongkrek,tari gandrung banyuwangi,glepang,jaran kepang,jejer,oklik dan tari remong itu berasal dari jawa timur.
itu membuktika bahwasanya banyak remaja yang asing dengan budayanya.
oleh karena itu kami ingin mengenalkan lagi budaya-budaya Indonesia kepada seglintir remaja khususnya di kandangan RT. 06. dengan memberikan pelatihan yang rutin, sebisa dan sepengetahuan kami.

7.     Kerajinan tangan dan wirausaha
            program kerja ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas setiap anggota karang taruna dan melatih kemandirian untuk berwirausaha.
planning program ini masih kami tujukan kepada internar karang taruana, namun jika berbicara jangka panjang program ini akan menjadi program pelatihan wirausaha bagi warga RT. 06. Untuk setidaknya membuka peluang usaha dan memberantas pengangguran.
selain itu program ini bertujuan untuk penambahan uang kas karang taruna.
keterangan: untuk kata yang ditebali dan bergaris bawah adalah program impian karang taruna RT. 06

8.      Kesejahtraan warga
           
ini adalah salah satu program yang kita anggap urgent atau prioritas utama kita karena program ini sumber kelangsungan hidup karang taruana RT. 06
kalau di pelajaran IPA program ini sama halnya dengan MATAHARI DAN AIR yang menjadi sumber kehidupan.
mengapa demikian? karena program ini bertujuan untuk membangun citra baik karang taruna di mata warga, agar dari warga bias percaya seutuhnya kepada kinerja remaja karang taruna.
karena kaitannya sangat erat antara dukungan warga terhadap kinerja karang taruan.
secara teknis KAMI REMAJA KARTAR ---
à menunjukan kepada WARGA ---àbahawasanya kami sanggup,kami siap diberi kepercayaan oleh WARGA untuk menjalankan tugas kami.
dan kami akan menunjukan bahwasanya dana yang diberikan warga kepada kami tidaklah sia-sia.
kami akan menjadikan dana tersebut untuk kepentingan kampung.!!




untuk mendapatkan filenya KLIK DOWNLOAD FILE.
GOOD LUCK....


No comments:

Post a Comment